daun jati

Manfaat Daun Jati untuk Kesehatan Tubuh, Tahukah Anda?

Alohapt – Beberapa penelitian telah temukan bahwa daun pohon jati ini dapat digunakan sebagai makanan dan obat-obatan herbal.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan obat-obatan alami cukup marak, salah satunya ialah obat herbal yang terbuat dari daun jati alami. Walau tidak bisa dipakai sebagai pengganti pengobatan medis yang lengkap, daun jati bermanfaat untuk kesehatan dan meminimalkan gejala penyakit.

Tanaman ini banyak tumbuh di daerah yang tropis seperti Indonesia. Lantas, apa saja manfaat daun pohon jati untuk kesehatan? Rangkuman dari berbagai sumber, simak saja ulasan berikut ini.

Manfaat Daun Jati untuk Kesehatan

  • Membantu Mengobati Cacing

Daun pohon jati dipercaya dapat membantu melawan cacingan yang disebabkan oleh infeksi parasit. Pada tahun 2011, Gururaj dkk menemukan ekstrak daun jati bermanfaat sebagai obat herbal cacingan.

Dalam penelitian ini, waktu kelumpuhan dan kematian cacing ditentukan dengan obat standar piperazin sitrat. Dari hasil penelitian bahwa daun pohon jati mempunyai efek yang cukup ampuh melawan cacingan sebagai penyebab penyakit. Sama seperti piperazine sitrat.

  • Membantu Kurangi Gejala Asma

Manfaat daun jati untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mengurangi dan mencegah gejala asma.

Pada tahun 2010, Goswami dkk melakukan penelitian dengan menggunakan hewan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pengaruh ekstrak daun pohon jati itu sangat signifikan sebagai obat anti asma.

  • Memerangi Bakteri Penyebab Penyakit

Mampu melawan bakteri penyebab penyakit merupakan salah satu manfaat daun pohon jati untuk kesehatan.

Peneliti menemukan daun memiliki karakteristik untuk melawan Listeria monocytogenes. Biasanya ditemukan di berbagai makanan. Bukan hanya itu, daun pohon jati juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, serta bakteri penyebab infeksi lainnya.

Manfaat daun jati untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai zat anti inflamasi pada kulit. Anda bisa mengambil sari dari daun jati ini dengan cara memeras atau menggilingnya.
Selain itu, Anda bisa memanfaatkan sari daun bisa atasi dapat mengatasi rasa gatal pada kulit.

  • Merangsang Pertumbuhan Rambut

Ragasa dkk pada tahun 2008 menemukan minyak dari daun tanaman jati untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut. Lalu, Jaybhaye dkk pada tahun 2009 juga temukan biji tanaman jati bermanfaat sebagai hair tonic.

Untuk Kamu yang mau mempunyai rambut panjang, atau mengalami kerontokan bahkan kebotakan, Kamu dapat memetik manfaat daun pohon jati.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun jati untuk kesehatan menurut Majumdar dkk pada tahun 2007 temukan bahwa bagian depan daun jati dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan luka. Terutama luka bakar atau lecet.

Penelitian ini mengevaluasi ekstrak hidroklorida daun jati menggunakan tikus. Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa daun pohon jati berfungsi untuk membantu mempercepat perbaikan jaringan dan sel kulit yang rusak. Sehingga luka akan cepat sembuh.

  • Kaya akan Antioksidan

Daun pohon jati mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas dapat menjadi penyebab penuaan dini dan pertumbuhan sel kanker.
Ramachandran dkk pada tahun 2011 menemukan komponen fenolik yang ada pada daun pohon jati sebagai agen antioksidan. Ini sangat baik untuk tubuh.

  • Antijamur

Suprapta dan Astiti pada tahun 2012 menilai aktivitas antijamur yang terkandung dalam ekstrak daun jati mampu melawan pertumbuhan jamur A phaeospermum.
Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sari dari daun pohon jati kering. Ternyata hasil penelitian menunjukkan bahwa daun jati ini berkhasiat dalam mencegah pertumbuhan jamur di dalam tubuh.

  • Agen diuretik

Daun pohon jati juga dapat membantu diuretik dalam tubuh. Dengan begitu Kamu akan lebih sering buang air kecil.
Menurut Phalphale yang lakukan penelitian pada tahun 2013 bahwa ekstrak air daun jati mempunyai efek diuretik.

  • Agen pencahar

Manfaat daun jati untuk kesehatan sebagai pencahar atau pencahar alami. Daun ini mampu merangsang dan mendorong keluarnya feses dari usus. Oleh sebab itu, Untuk Kamu yang mengalami sembelit atau sulit buang air besar, Kamu dapat memanfaatkan manfaat daun jati ini.

Namun, jika semua keluhan tersebut tetap tidak mau mereda, lebih baik segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan medis.

Baca Juga : Hadiah Bonus Deposit 5%

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *